Marilah Menjadi Nandhi, Menjadi Wahana Beliau (Shiva) untuk Menyebarluaskan Kemuliaan dan Kebahagiaan

DIMUAT DI MAJALAH HINDU RADITYA, DENGAN 
JUDUL: "JANGAN TERPAKU PADA TARIAN TANDAVA"
HALAMAN 54, EDISI 283, MARET 2021

(Pesan-pesan Guruji Anand Krishna pada Tahun Baru Imlek 2021)

Pada 12 Februari 2021 lalu, dirayakan sebagai Tahun Baru Cina, atau masyarakat umum Indonesia mengenalnya sebagai Hari Raya Imlek.

Masih dalam suasana pandemi, perayaan Imlek di Anand Ashram dilaksanakan secara online via Zoom.

Dihadiri kurang lebih 150 orang dari seluruh Indonesia, perayaan berlangsung guyub, hangat dan penuh rasa kekeluargaan. Ada yang menyanyi, menari, berpantun, bercerita filosofi kue keranjang, membaca puisi dan juga melawak.

Acara yang berlangsung daring, memungkinkan banyak orang dari banyak tempat bisa berkumpul, hal yang jarang bisa terjadi pada pertemuan biasa tatap muka.

Akhirnya, sampai pada Wacana Guruji Anand Krishna untuk menyambut Imlek 2021. Beliau mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2021 kepada semua hadirin.

Menurut Feng Shui Cina, Tahun 2021 ini adalah Tahun Kerbau Logam (metal). Tahun yang penuh paradoks. Tahun untuk bekerja keras, sesuai dengan sifat kerbau yang bekerja menggarap lahan(sawah,ladang). Tapi sifat logam yang statis justru menghambat kerbau untuk bergerak. Jika saja kerbau, yang lebih familiar dengan air,tanah, maka kerja akan menjadi lebih harmonis.

Kondisi sekarang, terutama Bali dan tempat-tempat lain juga, lahan dan tanah banyak digunakan untuk pembangunan hotel, penginapan, home stay tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi di masa depan.

Ada ungkapan para bijak dahulu, bahwa tanah dan apa pun yang tumbuh di atasnya lebih berharga dari emas. Kalau kita kelaparan, tentu yang kita cari adalah makanan, yang tumbuh di atas tanah, emas tidak bisa kita makan langsung.

Karena itu ketika kita tidak menghargai tanah, menyia-nyiakannya, langsung membangun apa saja di atasnya, tanpa memikirkan masa depan, maka kegagalan yang akan kita peroleh.

Guruji Anand Krishna pernah menyampaikan belasan tahun yang lalu, ditulis di beberapa media massa di Bali, tantangan bagi Bali saat itu di saat semua menoleh pada pariwisata, tanpa memperhatikan lahan, dan sekarang bisa kita lihat apa yang terjadi di Bali saat ini.

Jika tadi berbicara tentang Kerbau Logam menurut Fengshui China, lalu jika dikaitkan dengan Spiritual, apa yang bisa kita ambil dari Tahun Baru Imlek ini?

Kerbau…..bisa juga diartikan sebagai Nandhi. Nandhi adalah kendaraan atau Wahana Dewa Shiva. Apa yang terjadi ketika Nandhi dilingkupi unsur logam, metal? Dia menjadi membeku, dan bisa juga Nandhi dalam kondisi tercengang, terpaku, tidak bisa berbuat apa-apa, penuh kekagetan melihat Dewa Shiva, terus menerus melakukan Tandava (tarian mendaur-ulang kehidupan). Kapan Dewa Shiva akan berhenti menari seperti itu?

(Penjesan Guruji Anand Krishna tentang Years of Shiva bisa dicheck di Channel Youtube Anand Ashram)

Jadi, yang bisa kita lakukan di tahun ini(dan juga tahun-tahun ke depan) adalah :

– Bekerja Keras jangan menjadi pemalas. Kemungkinan menjadi malas itu selalu ada(tarikan unsur logam) di tahun ini. Tapi harus berusaha mengatasinya. Yang malas akan tergilas. Mengingat Nandhi membeku oleh tarian Shiva, sifat Nandhi yang penuh Bhakti, Devosi akan bisa menggerakkan dirinya kembali.

-Melaksanakan duty (kewajiban, swadharma) dengan penuh disiplin, dedikasi dan devosi, dan selalu ingat dengan determinasi, tujuan hidup bukan untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, atau golongan tertentu semata, tapi untuk Kebaikan dan Kesejahteraan Semua Makhluk.

-Jadikan tahun ini sebagai tahun Prayashcitta, tahun untuk memperbaiki kesalahan, menebus dosa-dosa, memperbaiki segala kerusakan yang diakibatkan oleh kita sendiri.

Dengan demikian, semoga Dewa Shiva perlahan-lahan bisa menghentikan tariannya, dan bisa menunggangi wahana Beliau, menunggangi Nandhi kembali. Nandhi pun bisa menjalankan tugasnya kembali, tidak terpaku dan membeku.

Shiva, berarti Yang Membawa Kebahagiaan,  Yang Membawa Kemuliaan.

Kita, dengan selalu bekerja keras, penuh disiplin, devosi(bhakti), dedikasi untuk kebaikan semua, bukan untuk kepentingan diri sendiri, akan bisa menjadi wahana Shiva untuk membawa dan menyebarkan kebahagiaan dan kemuliaan di manapun kita berada.

Sungguh pesan yang Guruji Anand Krishna sampaikan pada perayaan Imlek 2021 ini sangat relevan untuk kondisi kita saat ini. Dan semoga kita bisa melaksanakan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Selamat Imlek 2021. Gong Xi Fa Chai.

Om Namah Shivaya.

Om Shanti Shanti Shanti

Ni Komang Trijesi

“Jangan Terpaku Pada Tarian Tandava”
Halaman 54, Edisi 283, Maret 2021, Majalah Hindu Raditya

error: Content is protected !!