Waspada Menghadapi Wabah Corona Covid-19

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dan Dilaksanakan demi Keselamatan Bersama

Apa itu Corona?

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

(Sumber: https://www.alodokter.com/virus-corona)

 

Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona?
  • Hindari jabat tangan, lakukan salam tradisional dengan mencakupkan kedua telapak tangan.
  • Bila merasa diri kurang fit seperti merasa meriang, pilek, bersin-bersin, batuk, pusing atau gejala gangguan kesehatan lainnya, jangan pergi ke tempat-tempat keramaian atau menghadiri suatu acara (termasuk kegiatan di Anand Krishna Centre). Konsultasilah dengan dokter, istirahat di rumah, dan lakukan tindakan pengobatan yang diperlukan. Bila menunjukkan gejala-gejala terinfeksi Corona, maka hubungi call centre yang disediakan oleh Pemerintah setampat dimana kita tinggal.
  • Jaga jarak saat berada di rumah maupun saat berada di tempat umum. Jarak minimal 1 meter akan membantu mengurangi penularan virus ini.
  • Gunakan masker bila sedang flu, pilek, batuk atau menderita penyakit terkait pernapasan. Saat bersin atau batuk tutuplah dengan siku/lengan. Segeralah pulang dan beristirahat di rumah bila saat menghadiri suatu acara (termasuk kegiatan di Anand Krishna Centre) Anda tiba-tiba merasa kurang fit dan mengalami pilek, bersin, batuk atau demam.
  • Cuci tangan dengan sabun antiseptik secara teratur dan juga menggunakan hand sanitizer untuk mencegah penularan virus ini.
error: Content is protected !!