Anand Ashram Telah Resmi Berafiliasi dengan PBB

Anand Ashram Telah Resmi Berafiliasi dengan PBB

 

 

Pada Hari Ulang Tahunnya yang ke-17, tanggal 14 Januari 2007, Yayasan Anand Ashram telah menerima sebuah kado istimewa dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dimana Anand Ashram telah ditunjuk sebagai badan yang berafiliasi dengan PBB.

 

Hasil rapat komite LSM di PBB yang berlangsung pada 15 Desember 2006 telah menyetujui agar afiliasi Yayasan Anand Ashram dengan PBB langsung diberlakukan.

 

Yayasan Anand Ashram didirikan pada tanggal 14 Januari 1991 oleh pendirinya, Anand Krishna, seorang tokoh Lintas Agama, Humanis, dan Penulis yang cukup produktif. Bermula dari sebuah Centre for Holistic Health and Meditation yang menyebarluaskan cara hidup yang meditatif. Anand Krishna mendirikan meditasi sebagai sifat saling mencintai, peduli, dan saling menyayangi tanpa memandang perbedaan latar belakang sosial, budaya, ras, agama dan lain-lainnya. Dalam pandangan Anand Krishna, seorang meditator harus juga peduli terhadap lingkungannya dan sesama makhluk Tuhan.

 

Dalam perjalanannya beberapa tahun ini, Anand Ashram telah membidani beberapa gerakan rakyat seperti: Forum Kebangkitan Jiwa – yang memfokuskan diri kepada perkembangan jiwa para guru. Forum ini diresmikan pada tahun 2002 oleh Menteri Pendidikan Nasional, Bapak Abdul Malik Fajar. Tidak selang 4 tahun, sudah lebih dari 10.000 guru di seluruh Nusantara yang telah mengikuti program tersebut yang diberikan secara cuma-cuma. Mereka hanya dibebani untuk pengembalian biaya materi dan konsumsi.

 

National Integration Movement yang digagas Anand Krishna dan Gerakan Pengajar, Dokter, dan Psikolog bagi Ibu Pertiwi yang didukung olehnya, telah aktif dalam mengkampanyekan Nilai-Nilai Luhur Budaya, toleransi, perdamaian, dan cinta kasih. Integrasi nasional adalah sebuah langkah untuk mencapai perdamaian dunia.

 

Dengan berafiliasinya dengan PBB, Yayasan Anand Ashram mendapatkan akses terhadap fasilitas-fasilitas di PBB dan dapat menghadiri pertemuan ataupun rapat yang diselenggarakan oleh badan-badan PBB. Perwakilan dari Anand Ashram dapat menghadiri pertemuan-pertemuan resmi PBB dimana kehadiran LSM diperkenankan.

 

Kehormatan yang diberikan ini bukanlah hanya menjadi suatu kebanggaan bagi Anand Ashram tetapi juga merupakan suatu karunia bagi bangsa Indonesia. Tanpa dukungan mayarakat Indonesia, penghargaan seperti ini tidak mungkin akan diberikan oleh PBB. Pendiri, para pengurus, dan keluarga besar Anand Ashram ingin mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bangsa Indonesia dan dengan segala kerendahan hati memohon agar diberikan kesempatan untuk melayani negara. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih pada PBB, terutama kepada Department of Public Information, para panitia penyelenggara, dan perwakilan PBB di Jakarta.

 

Semoga Yang Maha Pengasih memberkati kerjasama kita semua untuk mencapai persatuan nasional menuju persaudaraan internasional berdasarkan keyakinan kuat pada “Satu Bumi, Satu Langit, Satu Umat Manusia”.

 

Contact Person: Maya Safira Muchtar, 0818 89 11 22

 

Jl. Sunter Mas Barat II-E, Blok H-10/1, Jakarta 14350 ( Indonesia )

Tel: +62-21-6508648

Fax: +62-21-6503459

 

error: Content is protected !!